Senin, 05 Oktober 2009

Gempa Menjadi Salah Satu Daftar Bencana Alam di Indonesia

Pada tahun 2009 ini sudah terjadi beberapa kali gempa yang sempat membuat tanah air indonesia ini menjadi sedih karena bencana ini banyak sekali memakan korban baik anak-anak, dewasa, maupun balita. Sehingga penanggulangan gempa ini harus segera dilaksanakan dengan cermat dan baik agar tidak terjadi kepanikan kepada masyarakat tentang gempa yang akan terjadi. Namun dalam hal ini mungkin belum dapat dipenuhi karena belum adanya teknologi yang dapat mendeteksi kapan terjadinya gempa. Walaupun teknologi sudah canggih saat ini penanggulangan bencana gempa ini terasa sangat kurang apalagi bila terjadi gempa masyarakat yang bingung harus bagaimana karena musibah ini datang tak diduga dan bisa terjadi kapanpun.

Terlebih lagi bila orang yang bekerja pada gedung-gedung bertingkat ketika ada gempa mereka pasti panik karena bila berada ditempat atau dilantai paling atas maka mereka kemungkinan besar tidak akan bisa keluar langsung dari gedung tempat mereka bekerja dikarenakan mereka membutuhkan waktu yang cukup banyak agar dapat keluar dari gedung tersebut. Sehingga antisipasi yang perlu dilakukan pada saat terjadi gempa harus benar-benar di waspadai karena bila hal ini tidak diperrhatikan akan sangat fatal sekali akibat yang akan diterima bahkan ancaman terbesar adalah bisa mengakibatkan kematian. Karena bila berada dalam bangunan yang begitu besar dan tinggi hal ini merupakan salah satu faktor yang sangat rentan sekali terlebih lagi bila kekuatan gempa yang besar dapat bisa menghancurkan gedung tersebut sehingga bila hal ini terjadi maka gedung tersebut akan runtuh dan orang-orang yang berada dalam gedung tersebut tidak bisa terselamatkan karena banyak reruntuhan bangunan yang secara langsung ataupun tidak langsung mengenainya.

Gempa seakan tidak pernah menghiraukan apapun yang berada dalam wilayahnya, karena gempa terjadi akibat dari pergeseran lempengan bumi secara bertahap sehingga mengalami suatu perubahan bentuk dari daerah sekitar tempat terjadinya pergeseran lempengan tersebut.Indonesia berada tepat di lempengan-lempengan bumi yang saat ini sedang mengalami pergeseran sehingga gempa yang terjadi di indonesia bisa terjadi beberapa kali dalam tahun ini dan yang terbesar adalah gempa yang terjadi diwilayah padang sumatra barat karena kekuatannya mencapai 7,6 scala richter yang terjadi kurang lebih lima menit sesuai dengan informasi yang saya tahu dari berbagai sumber.

Dengan kekuatan yang begitu besar gempa ini secara cepat meluluh lantahkan wilayah padang sehingga membuat kepanikan yang begitu besar pada masyarakat yang berada di wilayah tersebut. Hal ini mengakibatkan hancurnya gedung-gedung, sekolah, tempat wisata, hotel, dan sarana-sarana lainnya sehingga mengakibatkan tidak berfungsinya segala sarana baik telekomunikasi yang merupakan salah satu sarana penting yang digunakan untuk mengetahui keadaan di wilayah tersebut. Banyak sekali korban yang berjatuhan yang jumlahnya hampir mencapai angka seribu orang hal ini merupakan pukulan yang sangat besar terhadap bangsa indonesia karena salah satu wilayahnya dilanda bencana gempa yang begitu dasyat. Banyak diantara korban tersebut meninggal karena tertimpah bangunan gedung karena pada saat gempa terjadi mereka berada dalam bangunan tersebut.


Sampai sekarang banyak korban yang belum dapat ditemukan karena sulitnya bantuan yang datang dikarenakan hampir semua sarana yang berada disana hancur sehingga tidak berfungsi dengan normal. Banyak tempat-tempat yang sulit dicapai dengan menggunakan mobil sehingga hal ini menyulitkan para petugas penyelamat untuk menelisir daerah tempat kejadian tersebut serta masih minimnya peralatan yang digunakan untuk membantu mengevakuasi para korban yang berada di bawah reruntuhan gedung-gedung. Karena begitu luasnya wilayah yang hancur terkena gempa ini membuat para tim penyelamat menggunakan peralatan berat secara bergantian agar semua tempat dengan segera bisa dibersihkan. Namun hal ini belum efektif karena belum adanya tambahan alat berat untuk menanggulanginya sehingga hal ini memperlambat proses evakuasi korban. Semoga saja bila kejadian gempa ini terjadi lagi sudah ada sistem yang dapat menanggulangi bencana ini dengan baik. Kemudian saya tidak lupa berdoa mudah-mudahan bangsa indonesia dan para korban bencana gempa tesebut bisa tabah dalam menghadapi cobaan yang sedang berlangsung ini.