Minggu, 24 Januari 2010

Skimming Merupakan Sebuah Metode Pencurian Uang di ATM

Di Indonesia saat ini sedang maraknya pencurian dengan menggunakan metode skimming mungkin bagi anda yang belum mengetahui apakah itu skimming ? pasti masih bingung dan bertanya apakah itu. Namun bila anda sering update informasi mengenai hal tersebut baik di media cetak, elektronik dan juga media yang lainnya , mungkin anda sedikit tahu mengenai hal ini saya sendiri membuat postingan ini karena hanya ingin memberikan sedikit informasi yang mungkin bisa sedikit membantu. Langsung saja kepada intinya skimming merupakan suatu teknik pencurian dengan menggunakan ATM namun Skimming hanya istilah, pada dasarnya yang dimaksud skimming adalah pengopian data kartu magnetik secara ilegal .

Sehingga memungkinkan seseorang untuk mengkopi data pada sebuah kartu ATM, oleh karena itu hal ini tentu sangat merugikan bagi nasabah yang memiliki tabungan yang isi nya sangat banyak tapi bagi yang isi rekening nya sedikit ya tenang-tenang saja karena walaupun diambil oleh si pelaku hal tersebut tidak terlalu merugikan namun tetap saja hal tersebut merupakan tindakan criminal. Pelaku dalam melakukan aksinya memerlukan sebuah perangkat magnetic card reader alat tersebut bisa didapatkan di pasaran karena dijual secara bebas dan biasanya dipasang dibagian slot kartu ATM agar tidak membuat para nasabah yang ingin melakukan transaksi tidak curiga. Kemudian data yang tadinya sudah di rekam dalam magnetic card reader akan digandakan oleh si pelaku namun masih ada alat yang diperlukan oleh si pelaku untuk melancarkan aksinya untuk mendapatkan PIN dari calon korban dengan menggunakan kamera yang kecil dan biasa disebut pin hole spycam.

Ukuran dari kamera tersebut tipis memanjang sehingga bisa dipasang di mulut ATM yang mengarah ke tombol untuk menuliskan PIN. Cara kerja dari alat tersebut bisa diatur supaya bisa sinkron pada saat perekaman kartu magnetic. Sehingga bila PIN dan rekaman data ATM sudah ada maka si pelaku bisa melanjutkan rencana dalam mencuri uang secara legal karena pihak bank menyatakan suatu transaksi valid berdasarkan data yang ada dalam database nya dan tentunya valid juga. Namun bila salah satu baik dari PIN atau rekaman data ATM tidak dapat maka si pelaku tidak bisa melanjutkan aksinya . Untuk menghindarinya ada beberapa cara yaitu :


  1. Periksa bagian slot yang merupakan tempat untuk memasukan kartu ATM dengan cara menggoyankan nya hal ini dimaksudkan bila slot kartu nya palsu maka akan tidak kokoh bisa di goyangkan namun bila tidak maka anda bisa merasa aman.
  2. Periksa bagian dekat tombol yang digunakan untuk memasukan PIN apakah ada hal yang tidak wajar terlihat disana bila tidak maka lanjutkan memasukan PIN.
  3. Waspada pada mesin ATM yang biasanya ada di tengah kota besar kemungkinan skimming akan terjadi.

Cara - cara diatas saya dapatkan dari berbagai sumber oleh karena nya waspada itu sangat penting karena bila tidak maka kerugian yang akan di dapat. Semoga saja artikel saya tentang skimming ini bisa membantu.

Rabu, 13 Januari 2010

Memperbaiki Boot Loader di Windows Vista Setelah Menghapus Operating System Linux

Sebelumnya hal ini belum saya alami akan tetapi setelah saya mencoba memasang dual OS (Operating Systems) yaitu Vista dan Linux sekaligus di laptop saya ternyata satu OS lagi jarang dipakai karena saya ingin meng-update nya maka saya menghapus Linux nya dikarenakan saya ingin mengganti distro linux yang sudah terupdate. Supaya tidak ketinggalan jaman, karena bila meng-update dari versi lama ke versi barunya memerlukan koneksi yang cukup cepat oleh karena itu setelah saya berpikir lebih baik menghapunya dulu baru kemudian update yang tidak terlalu besar data yang di download nya. Namun ternyata setelah Linux saya hapus muncul error yang tadinya saya belum tahu bagaimana mengatasinya ternyata setelah saya mencari informasi kesana kemari dapatlah solusinya.

Error ini pada saat startup muncul tulisan grub loader error kemudian vista saya tidak bisa loading dikarenakan grubnya mengalami error, hal yang pertama yang harus dilakukan adalah :


=> cari kaset dvd instalan vista kemudian boot awalnya dari dvd room,
bila belum mengetahuinya pas booting awal tekan tombol “esc” dan akan muncul menu kemudian pilih first booting from internal dvd.


=> Saat melihat Layar Instalasi Windows Vista muncul, kemudian pilih
konfigurasi ‘language‘ preferences.

=> Saat diminta kemudian klik “Repair your Computer”.


=> Startup Repair akan otomatis mengetahui problem komputer anda. Saat diminta kemudian klik ‘Repair and restart’, maka komputer akan restart melalui DVD Vista Bootable lagi untuk melakukan reparasi sistem. Jika langkah diatas tidak menemukan problem komputer anda maka dapat dilakukan dengan langkah sebagi berikut.

=> klik ‘Repair Your Computer’.

=> klik Command Prompt dari System Recovery Options.

=> Kemudian dalam command line Vista ketikan ‘BootRec.exe /fixmbr’ dan tekan Enter.

=> Selesai.


Kemudian Vista anda akan berjalan dengan normal kembali, selamat mencoba,,,