Kamis, 12 November 2009

Lingkungan Mempengaruhi Karaktermu

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang lingkunganmu adalah gambaran dirimu, mengapa saya menulis hal ini karena saya hanya ingin berbagi pengalaman mengenai hal yang saya sebutkan tadi. Mengapa lingkungan begitu berpengaruh terhadap kodisi atau karakter dari setiap orang? Hal ini dikarenakan karena kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yang berlangsung begitu saja tanpa kita sadari bahwa ini akan mempengaruhi kehidupan kita ke depannya. Sehingga hal ini menjadikan karakter yang ada dalam diri setiap orang karena dilakukan secara terus-menerus setiap harinya. Lingkungan akan sangat berpengaruh baik terhadap karakter seseorang bila memang lingkungannya mempunyai faktor-faktor tersebut namun bila keadaan lingkungan tersebut tidak baik atau negatif hal ini akan mengakibatkan terciptanya suatu karakter yang tidak baik pula pada diri kita sebagai contoh bila di lingkungan tersebut mempunyai sifat nakal maka karakter ini yang akan terbentuk dalam diri kita.


Karena itulah lingkungan begitu mempengaruhi karakter dari setiap orang, karakter yang sudah terbentuk dari waktu kecil atau anak-anak akan cukup sulit untuk merubah karakter tersebut karena sudah mendarah daging sehingga dibutuhkan suatu kerja keras agar bisa merubah karakter itu. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah yaitu dengan cara bergaul dengan lingkungan yang memang kita inginkan sebagai contoh bila ingin mahir dalam bermain bola maka lingkungan yang harus dipilih yaitu lingkungan dimana orang-orang di dalamnya mahir bermain sepak bola atau sering berbicara mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sepak bola. Maka secara perlahan kita bisa mahir dalam bermain sepak bola dan mengetahui banyak hal tentang sepak bola. Hal ini bisa dikatakan menarik mengapa? Karena bila kita menginginkan suatu karakter tertentu maka tindakan yang harus dilakukan yaitu memilih lingkungan yang tepat sehingga dengan seperti ini maka karakter yang kita inginkan sesuai dengan keinginan kita dan memang tidak begitu saja berubah karena membutuhkan waktu.


Oleh karena itu jika kita salah dalam bergaul atau lingkungan disekitar tempat kita tidak mendukung maka kita harus berusaha mencarinya sampai lingkungan yang kita inginkan itu bisa kita temukan. Karena lingkungan itu akan mempengaruhi sikap,cara berpikir, dan hal-hal yang lainnya yang berkaitan langsung dan ada pada diri kita. Namun bila kita tidak menemukan lingkungan seperti yang kita inginkan maka cara alternatif nya adalah dengan membaca buku atau mencari tentang informasi mengenai hal yang kita inginkan tersebut. Oleh karena itu lingkunganmu adalah gambaran dirimu sehingga hal ini akan berpengaruh besar bagi kehidupanmu.



Artikel Terkait

4 komentar :

  1. harus bisa memilah2 pergaulan, tapi bukan berarti memilih2 teman

    BalasHapus
  2. @donny ya benar sekali,makanya kita harus bisa memilih pergaulan dengan benar bukannya malah menjerumuskan ke hal-hal yang tidak baik.

    BalasHapus
  3. setuju
    tmn2 logger gmn milahnya

    BalasHapus
  4. @newbi cara milahnya tinggal melihat ja keadaan lingkungan sekitar apakah baik atw tidak menurut kamu karena hal ini akan sangat berpengaruh sekali terhadap karakter yang ntinya akan terbentuk.

    BalasHapus

You Comment, I will follow and Do Follow Blog