Sabtu, 31 Juli 2010

Indonesia Berencana Pindah Ibukota

Wacana indonesia ingin memindahkan ibukotanya kian menguat setelah adanya penelitian bahwa ibukota jakarta akan mengalami lumpuh total dalam hal transportasi darat pada tahun 2015, bisa dilihat dari sekarang dengan keadaan jalanan yang kian hari macet terus-menerus. Hal ini dikarenakan pertumbuhan dari jalan dan kendaraan bermotor tidak berimbang sehingga macet setiap hari tidak bisa terelakan lagi. Tidak hanya itu saja jakarta sekarang juga menempati kota terpolusi di dunia dengan peringkat ketiga cukup memprihatinkan memang. Kenapa hal ini bisa terjadi??? Mungkin karena banyaknya gedung-gedung kaca yang menjulang tinggi, asap kendaraan bermotor dan juga faktor lainnya yang menyebabkan hal ini terjadi. 


"Macet" mungkin kata ini sering di dengar banyak orang di jakarta karena hal ini menjadi lumrah sekali penyebabnya banyak dan merupakan rutinitas yang sangat menjengkelkan sekali memang bila harus terjebak dalam kemacetan apalagi jarak yang seharusnya di tempuh dalam beberapa puluh menit bisa menjadi berjam-jam tentu saja hal ini sangat merugikan sekali karena disamping membuang waktu dan menguras tenaga hal tersebut juga terasa menjenuhkan sekali karena macet itu selalu terjadi. Dengan faktor penyebab ini dan juga hal yang mempengaruhi lainnya indonesia bisa saja pindah ibukota dan ternyata hal ini pernah dialami oleh Indonesia ketika pada masa kepemimpinan pak Soekarno di kala ia menjabat sebagai presiden yang semula ibukota Indonesia adalah Yogyakarta sekarang menjadi Jakarta dan selanjutnya direncanakan akan dipindahkan ke daerah timur Indonesia akan tetapi hal ini masih dalam perbincangan. 

Karena negara lain pun sudah banyak yang berpindah ibukota diantaranya adalah
- Jepang – Tokyo
- Malaysia – Putrajaya

Dari contoh negara diatas bisa terlihat bahwa perpindahan ibukota itu penting kenapa? Karena selain pemerataan pembangunan banyak faktor lain seperti pertumbuhan ekonomi yang bisa merata bila hal ini bisa segera terlaksana dengan baik. Bagaimana dengan pendapat anda?

Artikel Terkait

7 komentar :

  1. setuju ibukota dipindah,,karena kondisi jakarta sdh jenuh (padat)baik dari sisi kondisi lalu lintas dan bangunan dan jlh penduduk. Dengan pemindahan tersebut membuka kesempatan daerah lain utk berkembang. Bagaimanapun rencana pemerintah untuk mengurangi kemacetan di Jakarta akan selalu diimbangi dengan bertambahnya penduduk yang dtg ke Jakarta sehingga permasalahannya selalu berputar-putar dan tidak kunjung selesai. Bagaimana jika anggaran pengurangan kemacetan dialokasikan untuk pemindahan ibukota?? saya pikir bisa sebanding dan banyak lagi sisi positifnya..pemerataan pembangunan, penyelamatan lingkungan Jakarta akibat terlalu jenuh, dan media transformasi/terobosan bagi bangsa (pendidikan, usaha, pemerintahan)..Bravo Negeriku..sanip

    BalasHapus
  2. Sebaiknya memang gitu... aripada Jakarta nanti tenggelam karena dah padat sekali

    BalasHapus
  3. @anonim ya saya juga setuju dengan anda karena bila jadi dipindahkan perkembangan didaerah akan semakin baik dan merata dengan begitu ekonomi pun bertambah baik.
    @saung web betul dari pada tenggelam lebih baik pindah sebelum itu terjadi.

    BalasHapus
  4. setuju bgt tuuhh..
    uddah cptan dpindahh ajja ibukota'a...

    BalasHapus
  5. @sarah barkah ya betul segera saja dipindahkan daripada nantinya terlambat.

    BalasHapus
  6. stuju,mdingan pindah aja
    usul aku sih KE KALIMANTAN (PALANGKARAYA,SAMPIT APA MUARA TWEEH),,krn strategis di tengah2 indonsiia

    BalasHapus
  7. @fikri anurudha iya lebih baik pindah supaya bisa merata pembangunannya, terima kasih telah berkunjung, nantikan artikel selanjutnya....

    BalasHapus

You Comment, I will follow and Do Follow Blog