Sabtu, 09 Oktober 2010

Cara Membuat Standard User di Windows

Sebenarnya postingan ini merupakan lanjutan dari postingan yang sebelumnya karena dalam postingan yang lalu belum dibahas bagaimana membuat standard user oleh karena itu disini akan dibahas mengenai hal tersebut. Caranya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan akan tetapi kita perlu tahu bahwa di windows sebenarnya ada tiga user :

1. Administrator adalah user yang memiliki hak penuh atas komputer tersebut karena secara default pada saat setelah selesai meng-install windows maka user yang akan tercipta adalah administrator. Oleh karena itu bila menggunakan user ini harus berhati-hati karena bila tidak virus akan menginveksi bagian memori dan system.


2. Standard User adalah user yang bisa kita buat sendiri dengan memiliki hak akses terbatas karena untuk menginstall suatu program dibutuhkan password dari administrator sehingga bila virus menginveksi maka virus tersebut tidak bisa berkutik terhadap system jadi komputer akan tetap aman.

3. Guest adalah user yang memang sudah disediakan dalam windows dan mempunyai sifat terbatas untuk melakukan kegiatan di komputer tersebut sama seperti standard user.


Nah langsung saja sekarang bagaimana cara membuat standard user yang akan anda gunakan sebagai user untuk anda login di widows :

1. klik start => control panel.
2. piilh user accounts pada xp atau manage another accounts pada vista / seven (7).
3. kemudian masukan nama untuk standard user tersebut dan next.
4. setelah itu pilih limited dan klik create account.
5. selesai.

Semoga trik ini bisa bermanfaat bagi kita semua supaya virus tidak bisa menjangkit komputer dan bisa tenang dalam menggunakannya.

Sabtu, 02 Oktober 2010

Cara Mengatasi Virus Tanpa Install Anti Virus

Mungkin judul dari postingan ini terlalu berlebihan akan tetapi hal ini memang bisa dilakukan, masa sie?? Dan pertanyaan itu muncul dari anda yang membaca postingan ini. Sebenarnya sederhana saja cara kerja virus itu sebenarnya hanya menginfeksi bagian dari system dan juga memori pada system operasi khususnya windows. Mengapa windows menjadi sasaran sangat bagus bagi virus? Yang pertama karena kebanyakan para user menggunakan system operasi windows kemudian yang kedua arsitektur kernel windows sangat rentan sekali untuk virus berkembang. Dan kenapa system operasi linux tidak di hinggapi para kawanan virus? Hal ini terjadi karena di linux bagian arsitektur kernel yang baik sehingga virus tidak bisa berkutik alias berkembang, kemudian masih jarangnya pengguna linux sehingga para pembuat virus tidak terlalu tertarik untuk membuat virus dan juga banyak alasan yang lainnya.


Jadi sekarang anda sudah mengetahui mengapa virus begitu banyak mengghinggapi system operasi windows, ya saya juga mengetahui informasi ini dari berbagai sumber. Anda juga boleh bertanya kepada saya tentang postingan ini ?? Nah sekarang langsung menuju penjelasan bagaimana mengatasi virus tanpa anti virus di system operasi windows . Sebenarnya caranya cukup gampang dan sederhana sekali untuk dilakukan, anda tidak usah memasang anti virus yang berbayar atau pun yang gratis. Karena banyak juga dari teman saya sendiri yang memasang anti virus baik itu versi lokal seperti smadav atau juga versi luar seperti avira, mcafee, kaspersky dan lain-lain. Ada yang memasang satu anti virus saja ada juga yang memasang dua anti virus sehingga bila ada virus yang datang kedua anti virus tersebut jadi berebutan untuk membasminya.

Lucu sekali memang kedua anti virus saling bersaing untuk mendapatkan virus yang muncul di komputer anda, hal ini tentu saja memperlambat kinerja dari komputer itu sendiri karena pada saat awal start up prosessor menjalankan kedua anti virus tersebut. Tentu anda tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? Ya lebih baik anda remove atau uninstall saja anti virusnya. Bila tidak mau lebih baik salah satunya saja yang di remove, dari tadi belum dibahas langkah demi langkah cara yang saya anjurkan sekarang sudah waktunya.

Pada umumnya anda di windows memiliki satu akun untuk login akan tetapi saya menyarankan membuat satu lagi kenapa? Karena ini merupakan salah satu tindakan awal dari pencegahan virus, yang harus dilakukan adalah ketika anda membuat akun yang kedua, anda harus mengaturnya dengan standar user karena akun yang secara default adalah administrator sehingga dengan anda memilih standar user virus yang ada tidak bisa berbuat banyak alias tidak berkutik. Hal ini terjadi karena bila si virus ingin memasuki memori dan juga system tidak bisa kenapa? Karena dia berada pada akun standar bila ingin melakukan aktivitas di system atau memori virus tersebut harus menjadi admin sehingga dengan begitu komputer anda menjadi aman dari serangan virus. Yang perlu dilakukan pada saat mau login ke windows adalah akun yang anda gunakan adalah yang standard user supaya aman dan nyaman dalam memakai komputer anda. Bila ada yang kurang jelas silakan komentar, terima kasih.