Senin, 25 Juni 2012

Pengalaman Saat Mencari Kerja

Pada saat awal mau bercerita tentang judul ini sangat menyedihkan juga rasanya, karena pada saat setelah lulus kuliah dengan perencanaan yang sudah begitu matang dengan nilai IPK(Index Prestasi Kumulatif) yang diatas rata-rata semisal 3,00 atau lebih sebagai contohnya untuk nilai tambah lagi bila sudah mempunyai sertifikat pasti akan sangat menunjang sekali. Apalagi bila lengkap koleksinya contoh saja di jurusan IT (Information Technology) bila mempunyai sertifikat CCNA(Cisco Certified Network Associate) untuk yang senang dengan Networking atau jaringan maka akan sangat menguntungkan sekali. Bila perusahaan melihat maka sertifikat itulah yang akan dijadikan sebagai nilai lebih untuk calon karyawannya. 




Karena perusahaan akan sangat menilai lebih dari komponen tambahan tersebut, tidak selalu melihat dari nilai IPK saja. Karena ada dilematis seperti ini contohnya nilai IPK dibawah rata-rata misal dibawah 3,00 memiliki kemampuan untuk bergaul dan mempunyai banyak teman dengan cepat sehingga mempunyai banyak koneksi agar dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Sedangkan untuk yang diatas rata-rata dari yang pernah saya tahu dan saya alami sendiri memang cenderung untuk selalu berfokus untuk mendapatkan nilai yang tinggi walalupun memang pergaulannya kurang dalam hal ini hanya bergaul dengan itu-itu saja temannya tanpa banyak menambah teman barunya.


Kembali lagi ke topik, perusahaan pada saat awal membuka suatu lowongan pekerjaan memang dengan kualifikasi yang tinggi dan banyak persyaratan yang bisa dibilang cukup rumit. Hal ini memang untuk meyeleksi dari para peserta yang melamar pekerjaan ke perusahaan tersebut. Oleh karena itu walaupun IPK kecil tapi dengan tambahan sertifikat-sertifikat yang menunjang seperti sekarang wajib nilai TOEFL(Test Of English as a Foreign Language) 500 untuk perusahaan multinasional biasanya atau juga perusahaan lainnya mencantumkan syarat tersebut. Jadi selagi masih kuliah persiapkan hal tersebut supaya siap terjun ke dunia kerja yang penuh dengan persaingan.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

You Comment, I will follow and Do Follow Blog