Selasa, 26 Mei 2015

Cara Mengetahui Beras Plastik Atau Beras Sintetis Di Pasaran

     Beras plastik saat ini sangat meresahkan sekali, tidak hanya bagi penjualnya akan tetapi bagi anda yang juga konsumen yang membelinya. Karena beras plastik ini ditemukan pertama kali di daerah bekasi dan kemudian juga ditemukan didaerah lainnya seperti Jakarta, semarang, Yogyakarta, Surabaya. Dari segi kemasan atau bungkus beras plastik tersebut tidak dapat dibedakan dengan mudah karena memang sudah sangat menyerupai dari beras asli. Dari kadar protein yang ada pada beras sintetis ini juga tidak begitu tinggi walaupun memang ada sedikit, namun unsure berbahaya yang berbahan plastik justru cenderung merugikan kesehatan anda sebagai konsumen beras.
   Beras plastik ini diduga dari china, karena bentuk dan juga warna yang ada pada beras plastik tersebut terlihat sama. Akan tetapi anda juga dapat membedakan dengan beberapa trik yang bisa anda ketahui dan praktekan di rumah anda. Cara membedakan beras plastik atau beras sintetis dengan cara :
  1.  Anda bisa mencium dari bau beras plastik atau beras sintetis yang anda ingin beli, karena bila beras asli maka akan terasa aroma dari tanaman padi yang bersifat alami.

  2.  Anda juga bisa merendamnya di air beras sintetis atau beras plastik yang baru saja anda beli di pasaran. Karena beras asli akan terendam sempurna pada air rendaman sedangkan untuk beras sintetis akan mengapung di permukaan air.

  3. Beras plastik atau beras sintetis bisa juga anda bakar dengan api untuk mengetesnya, karena sifat dasar dari plastik yang terbuat dari minyak bumi dapat dengan mudah terbakar dengan api.

  4. Beras plastik atau beras sintetis yang anda beli ketika sudah dimasak menjadi bubur dan tidak menjadi nasi maka ada indikasi sangat besar dengan beras tersebut yang positif merupakan beras sintetis.

  5. Bila anda memang ragu atau ingin mengetahui lebih lanjut asli atau tidak anda juga bisa memeriksanya ke laboratorium untuk benar-benar memastikan beras tersebut.

  6. Jika ingin membeli beras yang memang benar-benar asli anda bisa membelinya langsung dari pabrik penggilingan beras yang berada di sekitar tempat anda.



       Karena banyak ditemukan beras sintetis dengan berat 5 kg atau 10 kg di pasaran, tentunya anda harus semakin berhati-hati dengan ini. semoga saja beras sintetis atau beras plastik ini segera hilang dari pasaran yang ada. Mungkin anda yang membaca artikel ini mempunyai trik lainnya bisa juga anda berkomentar dan nantinya akan saya update artikel yang telah dibuat ini . terima kasih semoga bermanfaat artikel cara mengetahui beras plastik atau beras sintetis di pasaran.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

You Comment, I will follow and Do Follow Blog