Selasa, 16 Februari 2010

Cerita Tentang Laskar Pelangi Karangan Andrea Hirata

Pada awalnya saya sendiri belum pernah membaca novel Laskar Pelangi namun setalah saya melihat sebuah cerita dari film tersebut ternyata saya sendiri menjadi tertegun dan kagum. Mengapa hal ini bisa saya rasakan mungkin karena setelah saya melihat film ini karena di dalamnya mengandung cerita yang menurut saya setiap orang harus dimiliki dalam hidupnya. Apakah hal yang harus dimiliki oleh setiap orang tersebut? Yaitu cita-cita atau impian. Karena sebesar apa impianmu itulah gambaran dari dirimu hal ini sangat menarik sekali karena alur filmnya begitu membawa jalan pikiran saya untuk bisa mempunyai mimpi yang begitu tinggi. Menurut saya film ini sangat inspiratif dan kreatif karena tidak hanya perpaduan antara gambar dan suara saja namun sang penonton diajak pula untuk berpikir dan merenungi isi dari cerita film Laskar Pelangi tersebut.

Cerita Laskar Pelangi merupakan sebuah cerita asli bukan fiksi karena hal ini memang terjadi di pulau bangka belitung tepatnya di provinsi sumatra selatan. Cerita ini mengisahkan sekumpulan anak kecil dan tiga guru yang berada di sebuah sekolah tua yang bangunannya sudah rapuh dan tidak layak untuk digunakan. Namun walaupun begitu hal ini tidak menjadikan alasan yang begitu berarti karena apa yang dimiliki oleh anak-anak tersebut sangatlah kuat. Dalam kesehariannya di sekolah sekumpulan anak tersebut begitu bersemangat sekali dalam belajar karena ada guru yang selalu setia mengajarkan anak tersebut. Hari demi hari berlalu kemudian tibalah hari untuk perlombaan karnival yang diadakan untuk seluruh sekolah di daerah bangka belitung. Sekumpulan anak itu dengan sangat kreatif membuat sebuah tarian yang unik dengan memakai kostum yang terbuat dari dedaunan dan aksesoris dari tumbuhan dengan aksi yang diperagakannya para penonton sangat kagum sehingga tepuk tangan dari para penonton bergemuruh dan hal ini membuat penilaian juri semakin tinggi karena dengan begitu sekolah yang selalu menjadi juara bertahan tidak berhasil mempertahankan gelar juaranya sehingga berhasil dikalahkan oleh tarian anak-anak ini.

Piala pertama pun berhasil di dapatkan dan ini merupakan hal yang sangat membanggakan sekali karena prestasi bisa didapatkan walaupun memang tempat mereka sekolah sudah tidak layak lagi untuk dipakai. Dengan penuh semangat anak-anak ini bergembira karena telah berhasil mendapatkan sebuah piala kemenangan yang didapatkan dengan hasil kerja sama tim yang sangat baik. Namun tidak lama kemudian sang kepala sekolah meninggal dunia dan hal ini menjadi pukulan terberat yang diterima oleh sang guru yang bernama bu fatimah. Guru yang begitu bersahaja ini sangat terpukul atas kepergian kepala sekolah yang selalu memotivasinya dalam mengajarkan dia hal-hal yang baik. Karena masalah ini sang guru pun tidak mengajar selama beberapa hari dikarenakan masih merasa sedih atas kepergian sang kepala sekolah. Namun hal ini tidak membuat para anak-anak tersebut menjadi patah semangat karena meraka berinisiatif untuk selalu belajar agar apa yang mereka inginkan bisa tercapai. Beberapa hari setelah itu sang guru pun akhirnya kembali mengajar dan kemudian ada sebuah lomba yang diadakan untuk sekolah tingkat daerah dan segera saja sang guru dan para muridnya berlatih keras agar bisa mendapatkan kemenangan.

Latihan hari demi hari terus dilakukan agar bisa mendapat hasil yang memuaskan kemudian hari dimana lomba cerdas cermat itu dilakukan salah satu peserta dari sekumpulan anak-anak tersebut telat datang dikarenakan ada buaya yang selalu berdiam diri di tengah jalan yang selalu ia lewati namun beruntung ada yang menolongnya sehingga ia tidak terlambat datang. Kemudian lomba pun dimulai dan sangat semangat sekali anak-anak tersebut bisa menjawab pertanyaannya sehingga hasil perolehan angka yang didapat sama sehingga ada satu soal yang menentukan yaitu soal hitung-hitungan yang merupakan salah satu keahlian dari anak genius yang tadi telat datang.

Kemudian pertanyaan terakhir dilontarkan dan dijawab namun sang juri menilai bahwa jawabannya salah akan tetapi ada salah seorang guru yang keberatan dengan keputusan yang dilakukan juri karena menurut guru tersebut jawaban yang dikatakan oleh murid tersebut sama dengan yang ia hitung kemudian soal tersebut di hitung ulang dan ternyata hasilnya benar. Dengan begitu hal ini menjadikan poin si anak tersebut tertinggi dan memenangkan lomba tersebut dengan penuh bangga dan gembira sekumpulan anak tadi bersorak-sorak dengan kemenangan yang didapatkannya.Dalam sepenggal cerita diatas membuktikan bahwa walaupun berada di pulau yang sangat terpencil dan sekolah yang sudah tidak layak pakai sang anak tetap bersemangat dengan apa yang mereka impikan dan cita-citakan karena hal tersebut merupakan sebuah kunci untuk mewujudkan sesuatu yang mereka impikan. Milikilah impian karena impian merupakan kunci untuk menaklukan dunia.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

You Comment, I will follow and Do Follow Blog